Cara Membuat Pendaftaran Online Untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Menggunakan Google Formulir

Ditengah pandemi Virus Corona (Covid-19), Kita sekarang lebih banyak disibukkan dengan hal-hal yang berhubungan dengan dunia online. Misalnya saja di bidang pendidikan kita biasanya mengajar secara online melalui aplikasi zoom cloud meeting, mengirimkan soal ke peserta didik secara online dan masih beberapa hal lainnya yang berhubungan dengan pendidikan yang mengharuskan kita bekerja secara online.

Nah, sekarang pihak sekolah sedang dipusingkan dengan pendaftaran peserta didik baru untuh tahun ajaran baru. Saat sosial distancing dan physical distancing masih berlaku, tentu ini akan menjadi sebuah kendala ditengah wabah Covid-19. Pendaftaran online menjadi salah satu alternatif solusi untuk PPDB tersebut. Namun, membuat pendaftaran online dengan menggunakan sebuah sistem atau program memang membutuhkan seorang programmer atau yang ahli dibidangnya baru Anda bisa membuat formulir online sendiri. Selain itu, sepengetahuan saya biasaya untuk membeli sistem atau program kepada pembuat sistem atau program tersebut membutuhkan biaya yang sangat besar.

Untungnya sekarang, google menyediakan sebuah sistem berbasis website yang menyediakan pendaftaran online yang dapat digunakan secara gratis. Anda dapat membuat pendaftaran online melalui google formulir. Dengan begitu Anda tinggal membuat formulir pendaftaran sesuai dengan format yang anda inginkan. Kemudian membagikan link pendaftarannya. Untuk membantu Anda dalam membuatnya, disini saya akan mencoba memeberikan beberapa panduan mengeanai penggunaan google form. Disini saya membagi 4 tahapan mengenai pendaftaran online yaitu:
1. Cara Membuat Pendaftaran Online Untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Menggunakan Google Formulir
2. Cara Mengirim Bukti Pendaftaran Online Secara Otomatis Menggunakan Google Formulir
3. Cara Membuat Nomor Ururt Dan Tanggal Pendaftaran di Bukti Pendaftaran Otomatis Menggunakan Google Formulir
4. Cara Mengubah Link Dan Mengirim Link Formulir Pendaftaran Online Menggunakan Google Formulir

Untuk artikel kali ini saya akan memandu Anda dalam Cara Membuat Pendaftaran Online Untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Di Sekolah Menggunakan Google Form. Tapi Sebelum membuat Formulir Pendaftaran di Google Form, saran saya ada baiknya Anda membuat Group di media sosial seperti di Faceboook, Instagram, WA atau twitter agar Anda dapat mengirimkan link pendaftaan online untuk PPDB. Selain itu, Gorup juga ini nantinya akan berfungsi untuk memberitahukan informasi lain terkait Penerimaan Peserta Didik Baru. Hal yang paling bagus adalah apabila Sekolah Anda punya alamat blog/website sekolah sendiri. Blog/Website sekolah ini dapat digunakan untuk memberikan informasi terkait PPDB dan Anda juga dapat menampilkan link atau tautan untuk Formulir Online Google Form di website sekolah.

Berikut Panduan Pembuatan Pendaftaran Online di Google Form.
1. sebelum membuat formulir online, terlebih dahulu siapkan kop sekolah dalam bentuk image sebagai file header formulir PPDB

 kop surat sekolah untuk google form dalam bentuk image atau gambar (jpg, jpeg, png)
2. Silahkan masuk di akun email di gmail. Untuk yang belum mempunyai akun berikut cara membuat akun email di gmail yang mudah dilaptop atau komputer.
2. Pilih ikon aplikasi google (⋮⋮⋮) yang saya tandai dipojok kanan atas kemudian pilih drive
Google drive
kemudian Anda akan diarahkan menuju halaman google drive
3. Di Halaman google drive pilih baru kemudian pilih folder baru. silahkan Beri nama folder baru tersebut misalnya PPDB SMP 7 URANUS 2020 kemudian pilih buat.
Folder PPDB
semua dokumen yang berhubungan dengan PPDB akan terupload dan tersimpan disini agar kita lebih fokus dalam satu folder. Anda dapat membuka folder PPDB dengan klik 2 kali folder PPDB maka akan tampil folder khusus untuk PPDB
Folder kosong PPDB
4. Buka Folder PPDB kemudian pilih baru lalu pilih google formulir
Google Formulir
5. Setalah itu akan akan muncul halaman baru yaitu halaman google formulir. Hal pertama yang dilakukan adalah membuat header atau kop sekolah. Untuk menampilkan header pilih ikon sesuaikan tema yang saya tandai.
Penyesuai tema dan Pemilihan header
6. Setelah dipilih header kemudian pilih gambar lalu akan tampil tiga pilihan yaitu tema, unggah dan foto. Silahkan pilih unggah kemudian pilih cari. silahkan masukkan kop surat dalam bentuk image atau gambar yang telah disiapkan tadi. Apabila gambarnya sudah dipilih selanjutnya pilih selesai. maka akan tampil kop surat seperti gambar berikut.
Tampilan kop sekolah
7. Taahap Selanjutnya ganti Tulisan Formulir Tanpa Judul dengan nama yang diinginkan misalnya FORMULIR ONLINE PPDB SMP 7 URANUS kemudian isi dekripsi formulir teresbut misalnya : Silahkan isi formulir dibawah ini sesuai dengan data diri Anda untuk mendaftar sebagai calon Peserta Didik Baru di SMP 7 Uranus tahun ajaran 2020/2021
8. Isi pertanyaan yang ingin ditanyakan. Silahkan isi di Pertanyaan Tanpa Judul misalnya dengan Menulis Nama Lengkap. Setelah itu pilih wajib di isi dengan menggeser tombol disamping wajib isi di geser ke arah kanan. (Hal ini berlaku untuk pertanyaan yang betul betul wajib di isi, untuk pertanyaan yang tidak penting bisa dipilih tidak wajib di isi) Untuk menambah pertanyaan berikutnya pilih tambah ikon tanda plus atau yang saya tandai
Pengisian Pertanyaan Biodata
9. Misalkan pertanyaan selanjutnya Jenis Kelamin maka silahkan tulis Jenis Kelamin, Anda bisa membuat dua pilihan yaitu Laki-Laki atau Perempuan caranya klik jawaban singkat kemudian ganti dengan pilihan ganda.
pilih jawaban singkat
Kemudian tulis di opsi 1 Laki-Laki dan untuk perempuan tulis di Tambahkan opsi kemudian tulis Perempuan.

10. Pertanyaan selanjutnya silahkan Anda lanjutkan sendiri.
beberapa pertanyaan:
  • Tanggal Lahir (Gunakan Opsi Kalender/Jawaban Singkat)
  • Hobi (Opsi Pragraf)
  • Cita-cita (Opsi Pragraf)
  • Anak ke (Opsi Jawaban Singkat)
  • Jumlah Saudara (Opsi Jawaban Singkat)
  • Asal Sekolah (SD/MI) (Opsi Pragraf)
  • Status Sekolah (Opsi Kotak Centang)
  • NPSM Asal Sekolah
  • Alamat Rumah Siswa (Dusun/Jalan/Gang/Nomor Rumah) (Opsi Pragraf)
  • RT/RW (Opsi Jawaban Singkat)
  • Desa/Keluarahan (Jawaban Singkat)
  • Kecamatan (Jawaban Singkat)
  • Kode Pos (Jawaban Singkat)
  • Penerima KIP (Kartu Indonesia Pintar) (Opsi Kotak Centang)
  • Data Prestasi Akademik & Non Akademik (Opsi Pragraf)
  • Nomor Telepon Rumah/HP
11. Apabila telah menulis semua pertanyaan, Setelah itu masuk di setelan dengan memilih ikon setelan yang saya tandai
Setelan
12. Setelah masuk disetelan, Kemudian pilih Presentasi lalu hilangkan tanda centang () di Tampilkan link untuk menyerahkan tanggapan lain. setelah itu tulis Pesan konfirmasi misalnya TERIMA KASIH TELAH MENDAFTAR DI SMP 7 URANUS. UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA AKAN KAMI SAMPAIKAN MELALUI NO. HP YANG TERDAFTAR ATAU MEDIA INFORMASI LAINYYA. kemudian pilih simpan
Pesan Konfirmasi
13. Untuk melihat hasilnya dapat dilihat dengan mengklik ikon pratinjau (gambar mata) di sebelah kiri ikon setelan (yang saya tandai). setelah itu akan muncul tampilan pratinjau. disitu Anda dapat melihat hasil sementara pembuatan formulir online Anda. Setelah itu kembali ke menu google formulir.
Pratinjau Formulir Online
14. Selanjutnya pilih respons agar punya database untuk calon peserta didik yang mendaftar. Anda juga nanti dapat menyimpannya dalam bentuk file excel
Pemilihan respons
Kemudian buat Spreadsheet dengan memilih ikon spreadsheet yang saya tandai
Membuat Spreadsheet
lalu isi judulnya misalnya DATA PPDP ONLINE SMP 7 URANUS TAHUN 2020 kemudian pilih buat
Penulisan judul spreadsheet
15. Tunggu beberapa saat sampai muncul tampilan database yang masih kosong. Database ini nanti akan terisi secara otomatis apabila ada yang telah mendaftar
Data base yang masih kosong

Demikianlah panduan untuk tahap pertama. Untuk tahap selanjutnya berikut artikel Cara Mengirim Bukti Pendaftaran Online Secara Otomatis Menggunakan Google Formulir.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel