Cara Mengatasi HP Android Agar Tidak Lemot Atau Lambat

Seiring berjalannya waktu, HP Android semakin lama akan semakin melambat atau lemot. Hal ini tentu mebuat Anda kadang merasa jengkel saat sedang menggunakan HP Android Anda. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya hal tersebut baik dari faktor internal maupun faktor eksternal. Untuk faktor internal seperti penggunaan aplikasi yang terlalu banyak, memori yang terlalu penuh dan beberapa faktor internal lainnya. Sedangkan untuk faktor eksternal seperti tekanan, cipratan air dan guncangan.

Nah, diartikel kali ini kami akan coba membahas beberapa penyebab internal dan cara mengatasi HP Android agar tidak lemot atau lambat. Mudah-mudahan dengan artikel ini dapat membantu Anda untuk memperbaiki kinerja ponsel Anda menjadi lebih baik lagi dan berjalan secara optimal.

1. Hapus atau Kurangi Aplikasi Yang Tidak Dipakai
Banyaknya aplikasi yang terpasang membuat ponsel semakin memperburuk kinerja HP hal ini disebabkan karena akan terjadi penambahan file terhadap aplikasi yang terinstall sehingga menyebabkan ruang penyimpan semakin menipis. Hal ini juga diperparah dengan jumlah kapasitas RAM yang semakin berkurang. Dengan banyaknya aplikasi terinstall, tanpa disadari banyak aplikasi dengan sistem operasi yang berjalan di belakang layar sehingga menyebabkan HP menjadi lambat.
Saran kami, agar hal tersebut dapat diminimalisir cara memfilter yaiut menghapus aplikasi yang tidak atau jarang digunakan. Kalau perlu gunakan aplikasi yang tidak menyimpan terlalu banyak file misalnya menggunakan aplikasi ringan seperti facebook lite, instagram lite dan beberapa aplikasi lainnya.

2. Rapikan dan Bersihkan Memori Internal
Penyimpanan data-data yang hanya fokus pada penyimpanan internal sehingga menyebabkan penumpukan data pada memori internal tersebut. Ada juga beberapa file yang sudah jarang dipakai tetapi masih berada dalam memori internal. Selain itu juga ada beberapa data sampah atau cache yang juga berada didalam memori internal. Imbasnya, kinerja ponsel akan menurun.
Untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya data dipindahkan ke media penyimpanan lain dan penyimapan yang mempunnyai ruang yang cukup besar misalkan memindahkan ke memori eksternal, Hardisk eksternal, laptop atau pc dan penyimpanan lainnya. Untuk file yang jarang dipakai silahkan dihapus juga atau pindahkan ke penyimpanan lain. Sedangkan untuk file sampah atau cache sebaiknya juga dibersihkan.

3. Perbaharui Sistem dan Aplikasi
Aplikasi yang tidak terupdate juga biasanya menjadi salah satu penyebab HP menjadi lambat. Hal ini terjadi karena berkurangnya kesesuain antara aplikasi dengan sistem yang dipakai. begitupun sebaliknya, sistem yang baru perlu juga disesuaikan dengan perangkat yang baru. Selain itu, aplikasi versi yang lama yang mempunyai beberapa bug yang menyebabkan terjadinya penurunan kinerja sotware tersebut sehingga menyebakan kinerja HP juga ikut menurun. 
Untuk itu, rajinlah dalam mengecek kemudian meng-update aplikasi dan sistem ponsel ke versi terbaru agar terjadi kesesuaian antara sistem dan aplikasi serta terjadi perbaikan bug sehingga kinerja ponsel menjadi lebih baik. 

4. Kurangi Pemakaian Widget
Pengunaan widget bertujuan untuk memperindah tampilan HP. Hal ini memang banyak digemari oleh para pengguna HP. Tapi tanpa Anda sadari, Penggunaan widget dapat mengambil pemakaian RAM yang cukup besar sehingga kinerja HP menjadi sedikit lemot.
Untuk meminimalisir hal tersebut, sebaiknya jang terlalu banyak menggunakan widget. Gunakanlah widget hanya untuk yang penting saja misalkan widget jam saja sudah cukup.

5. Bersihkan Virus Yang Ada Di Ponsel
Virus memang tak asing lagi buat kita, virus menjadi hal yang menakutkan untuk semua perangkat dan sistem yang berada didalamnya. Virus bisa saja menjadi salah satu penyebab HP menjadi bertambah lemot.
Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menggunakan aplikasi Anti-Virus yang dapat digunakan untuk menghapus virus yang ada di ponsel. Gunakanlah aplikasi anti-virus yang betul-betul dapat menghapus virus yang ada. Atau Anda juga dapat mencoba menghapus virus tanpa menggunakan aplikasi.

6. Matikan Aplikasi yang Berjalan Otomatis
Ada beberapa yang diinstal sendiri misal melalui playstore atau aplikasi yang berasal dari pabrikan Ponsel sendiri yang berjalan secara otomatis dari balik layar tanapa diketahui. Khusus untuk aplikasi yang berasal dari pabrikan HP ada bebrapa yang tidak bisa dihapus yang biasanya disebut bloatware. Aplikasi ini biasanya terus berjalan otomatis dibelakang layar meskipun tidak pernah digunakan. Hal ini tentu dapat mengurangi kinerja HP.
Untuk mengatasi hal tersebut, Sebaiknya matikan aplikasi yang berjalan otomatis yang tidak Anda gunakan. Untuk aplikasi bloatware dapat dihentikan dengan cara disable sehingga aplikasi tersebut tidak lagi berjalan secara otomatis.

7. Factory Reset atau Format Ulang
Apabila sudah banyak aplikasi di terinstall, memori yang sudah hampir penuh, sudah banyak sampah atau cache dan terlalu banyak virus yang ada di ponsel serta beberapa pengaturan sistem dan aplikasi yang salah sehingga meneyebabkan kinerja HP menjadi semakin melambat.
Hal terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan factory reset yaitu dengan mereset ponsel kembali ke pengaturan awal pabrik. Selain cara itu hal yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan instal ulang atau memformat ulang software dan sitem yang digunakan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel