atas

Cara Membuat Akun Email (Gmail) Yang Mudah di Laptop Atau Komputer

Membuat Email baru sangatlah mudah dan gamapang. Hnaya beberapa tahap yang dilalaui hingga Anda dapat akun email yang baru. Anda dapat membuat akun email dilaptop dan juga melalui ponsel Anda. Kenapa membuatkan email? Pada dasarnya email digunakan sebagai media elektornik yang digunakan untuk mengirim pesan secara online. Selain itu di era digitlasisasi sekarang akun email biasanya banyak digunakan sebagai syarat untuk log in atau mendaftar di sebuah website. Hal lainnya adalah Anda alaamt email juga biasanya diminta ketika Anda melamar pekerjaan, mendaftar menjadi CPNS atau membuat sebuah blog. 

Didalam pembuatan akun email yang baru, ada beberapa tempat atau website yang dapat digunakan untuk membuat website seperti Yahoo Mail, Hot Mail dan Google Mail (Gmail). Nah , untuk artikel kali ini saya akan membuat panduan membuat email dengan menggunakan gmail. Sekarang yang paling umum dipakai adalah menggunakan gmail karena banayak website atau aplikasi yang menmerintahkan Anda untuk login atau mdanfatar melalui gmail. Berikut panduaanya. Perlu diketahuui akun email sama saja dengan akun gmail karena terkadang orang bingung dengan mengatakan saya punya akun gmail tapi tidak punya akun email.

1. Pilihlah salah satu web browser yang trpasang dilaptop Anda. untuk panduan kali ini, saya menggunakan aplikasi google chrome sebagai web browser untuk membuat akun gmail. Buka aplikasi google chrome Anda.
pemilihan web browser google chrome
2. Tuliskan www.gmail.com di kolom pencarian yang disediakan atau dialamt url lalu tekan enter. Tunggu sampai muncul tampilan awal gmail.
3. Pilih buat akun yang berada di pojok kanan atas kemudian lakukan pengisian data.
Tampilan new account gmail
Catatan: Untuk Laptop atau PC yang pernah membuat akun email atau login di gmail, biasanya tampilannya seperti ini.
Tamapilan new account lain
Untuk membuat akun pilih Buat akun lalu pilih untuk diri sendiri. Tunggu sampai Anda tampilan pengisian data. Silahkan isi data Anda.
Pembuatan akun gmail
4. Langkah selanjutnya Adalah melengkapi data diri yaitu:
  • Nama depan dan nama belakang
  • Nama Pengguna (nama alamat email yang diinginkan).
  • Kata Sandi: Tuliskan kata sandi dikolom kata sandi dan tulis kembali kata sandainya di kolom kofirmasi kata sandi. Agar kata sandi Anda dalam kategori kuat (tidak mudah diketahui orang lain) usahakan kata sandi Anda berisi huruf dan angka agar email anda lebih aman nantinya.
Lalu pilih berikutnya.

Catatan: Apabila terjadi seperti gambar dibawah ini dan tak bisa ke tahap selanjutnya, biasanya terdapat kesalahan pada penulisan nama pengguna.
Kesalahan penulisan nama akun
Hal interjadi karena kemungkinan ada orang lain yang telah memakai nama pengguna yang Anda tulis. untuk mengatasi hal ini, ganti nama pengguna tadi atau tambahkan beberapa angka dibelakang nama pengguna yang ditulis tadi. misalnya menambahkan tahun lahir Anda. Alternatif lainnya adalah biasanya akan muncul saran nama pengguna yang tersedia. Artinya alamat email yang tampil itu dapat dipakai dan digunakan. silahkan pilih salah satunya. Anda dapat melihatnya di bawah kolom pengguna yang tertulis tersedia. kemudian pilih berikutnya
Nama akun yang bisa dipakai
5. Apabila tahap pengisian data selesai, langka selanjutnya adalah pengisian data lainnya yaitu verifikasi nomor telepon, alamat email pemulihan (opsional, boleh di isi boleh tidak), tanggal, bulan dan tahun lahir serta jenis kelamin. Selanjutnya pilih berikutnya
Verifikasi data lainnya
Catatan: Untuk pengisian alamat email pemulihan, sebaiknya di isi karena apabila terjadi hal yang tidak diinginkan, email Anda dapat dipulihkan kembali. Anda dapat mengisi email pemulihan tersebut dengan alamat email yang telah dibuat misalnya email keluarga atau sahabat. Tetapi jika Anda tidak ingin mengisinya maka silahkan kosongkan saja.

6. Tahap berikutnya adalah verifikasi nomor telepon. silahkan pilih kirim kemudian google akan mnegirimkan SMS yang berisi kode verifikasi 6 digit.
Verifikasi nomor telepon
Tunggu sampai SMS tersebut masuk diponsel Anda. setelah itu tulis kode verifikasinya di kolom verifikasi. ingat janagn menulis G- langsung saja tulis 6 kode digitnya. lalu pilih verifikasi.
verifikasi kode digit
7. setelah itu Anda masuk ke pengoptimalan penggunaan nomor telepon. selanjutnya pilih Ya, Saya ikut
optimalkan penggunaan nomor telepon
8. Tahap selanjutnya verifikasi dan persyaratan. Silahkan baca sampai selesai lalu pilih saya setuju.
9. Setelah semua tahap diatas telah Anda kerjakan, artinya Anda telah selesai membuat akun email baru di google mail (gmail)
Hasil Pembuatan akun gmail
demikianlah panduan membuat akun gmail. Mudah bukan? Untuk lebih mahir lagi silahkan buat eamil lagi atau kalau ada orang yang ingin dibuatkan akun email, lebih baikny Anda yang bantu buatkan supaya nanti lebih lincah lagi dlama membuat email di google mail (gmail)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel